Beranda » Hardware » Agar Baterai Smartphone Android Lebih Awet, Ini Caranya!

Agar Baterai Smartphone Android Lebih Awet, Ini Caranya!

Agar Baterai Smartphone Android Lebih Awet

Agar Baterai Smartphone Android Lebih Awet – Bicara smartphone, rasanya jarang sekali orang yang tidak mengenalnya. Hampir dipastikan semua kalangan, dari anak-anak hingga orang tua sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini.

Popularitas smartphone tentu tak lepas dari kegunaannya yang multifungsi. Tidak sekadar untuk berkomunikasi melalui panggilan suara, namun smartphone dapat digunakan untuk menunjang banyak pekerjaan, hingga kebutuhan hiburan.

Seperti diketahui, smartphone yang beredar di dunia, pun di Indonesia mayoritas memiliki sistem operasi Android. Sistem operasi yang satu ini menawarkan banyak fitur dengan dukungan aplikasi yang jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu.

Smartphone Android, selain memiliki segudang kelebihan, tentu juga terdapat kekurangan, salah satunya adalah konsumsi baterai yang relatif lebih boros. Jika konsumsi baterai pada ponsel standar mampu bertahan hingga seminggu, hal tersebut tidak bisa ditemukan pada smartphone saat ini, yang rata-rata hanya bertahan dua hari, bahkan kurang dari itu.

Banyaknya aplikasi yang berjalan pada smartphone, menjadi faktor utama konsumsi baterai pada perangkat tersebut menjadi sangat boros. Konsumsi baterai yang cepat habis ini, membuat sebagian besar pengguna smartphone buru-buru mengisi daya ketika perangkat dalam keadaan aktif.

Kebiasaan tersebut, menjadi salah satu faktor umur baterai smartphone menjadi tidak bertahan lama. Tak jarang, smartphone yang digunakan baru beberapa bulan, kondisi baterainya sudah rusak.

Lalu, apa cara yang bisa dilakukan agar baterai pada smartphone Android lebih awet? Berikut tips yang bisa Anda coba.

Agar Baterai Smartphone Android Lebih Awet

  • Pastikan smartphone dalam keadaan off ketika sedang diisi daya atau dicharge;
  • Saat Anda berada di wilayah dengan kualitas sinyal yang buruk, matikan koneksi data pada smartphone Anda;
  • Matikan fungsi ‘vibrate‘ pada smartphone Anda, karena getaran dapat mengonsumsi daya baterai lebih banyak dibanding ringtone biasa;
  • Lakukan pengaturan seminim mungkin waktu backlight, misalnya 10 detik;
  • Nonaktifkan fungsi GPS, bluetooth, wifi pada smartphone Anda jika sedang tidak dibutuhkan.
  • Saat Anda sedang berada di perjalanan, aktifkan hanya mode GSM saja.
  • Hindarkan atau jauhkan smartphone Anda pada lokasi atau tempat yang panas;
  • Pastikan Anda mengisi daya baterai ketika mendapat notifikasi baterai lemah, biasanya pada saat berada di level 15 %, dan pastikan pengisian daya sampai benar-benar penuh 100%;
  • Nonaktifkan aplikasi Smartphone yang tidak digunakan, karena setiap aplikasi yang berjalan di Android biasanya tetap berjalan di latar belakang meskipun Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut;
  • Gunakan wallpaper berwarna gelap atau hitam, karena sistem operasi pada smartphone akan lebih memakan daya lebih ketika brightness layar tinggi;

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar baterai smartphone Android bisa lebih awet. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *