Beranda » Software » Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka Tanpa Ribet

Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka Tanpa Ribet

Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka – Play Store menjadi wadah untuk mencari berbagai aplikasi menarik yang bisa dipasang dan dioperasikan pada Android. Ketika Play Store tidak dapat digunakan atau tiba-tiba menutup sendiri, tentu hal ini dapat membuat aktivitas ponsel terhambat. Sehingga, pemahaman mengenai cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka perlu dipelajari terutama bagi pengguna Android.

Layanan Play Store yang tidak dapat dibuka bisa jadi dikarenakan masalah aplikasi maupun pada ponsel itu sendiri. Dengan demikian, pengguna perlu mengidentifikasi penyebab dari masalah tersebut agar dapat menerapkan solusi yang tepat. Berbagai cara menangani Play Store yang tidak dapat dijalankan pada Android dijelaskan berdasarkan uraian berikut ini:

1. Bersihkan Data Aplikasi

Terkadang data yang terlalu banyak juga dapat mempengaruhi kinerja dari layanan ponsel. Sehingga beberapa aplikasi tidak dapat dioperasikan seperti semula, termasuk Play Store. Cara menanganinya bisa dilakukan dengan menghapus cache dan data aplikasi. Tindakan ini dapat dilakukan dengan memilih menu Settings dan pilih bagian Aplikasi. Lanjutkan dengan klik Clear Data.

2. Hapus Pembaruan Aplikasi

Play Store pada dasarnya terus melakukan pembaruan setiap periode, sama seperti aplikasi lain. Akan tetapi, pembaruan Play Store biasanya tidak menyertakan notifikasi, sebab aplikasi ini melakukan update otomatis. Sehingga terkadang pembaruan tersebut tidak disadari oleh pemilik Android. Meskipun demikian, layanan terbaru terkadang juga bisa mengalami bug.

Adanya bug membuat Play Store tidak bisa dijalankan, sehingga tentu akan membuat pengguna kesulitan. Cara mengatasinya, silahkan ke bagian Settings dan masuk pada opsi Aplikasi. Temukan nama aplikasi Play Store, kemudian pilih opsi ‘Copot Pembaruan’ untuk mengembalikan ke setelan awal. Sekarang coba jalankan kembali aplikasi tersebut untuk mengeceknya.

3. Nonaktifkan VPN

Tanpa disadari, adanya VPN terkadang justru membuat beberapa layanan tidak dapat berjalan optimal. Termasuk Play Store yang mendadak menutup dengan sendirinya. Sehingga, saat Play Store tidak dapat dijalankan cobalah untuk menonaktifkan VPN terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan memuat ulang Play Store supaya bisa mendownload aplikasi seperti semula.

4. Perbarui Sistem Operasi Ponsel

Hampir serupa dengan aplikasi, sistem operasi yang berjalan pada ponsel juga perlu diperbarui. Biasanya ponsel akan memberikan notifikasi untuk mengupdate sistem Android. Saat perintah tersebut diabaikan, ada kemungkinan beberapa aplikasi mengalami bug sehingga tidak dapat dibuka. Termasuk Play Store yang tiba-tiba menutup sendiri.

Untuk menerapkan cara memperbaiki PlayStore yang tidak bisa dibuka, silahkan menuju ke menu Settings. Pilih informasi tentang ponsel, lalu klik Update Sistem. Sebaiknya gunakan jaringan WiFi agar proses update tidak terganggu. Setelah update sistem operasi selesai, silahkan buka kembali Play Store untuk memastikan layanannya.

5. Sesuaikan Pengaturan Waktu

Hal-hal yang sifatnya sepele terkadang juga dapat berdampak kurang baik pada ponsel. Misalnya pengaturan waktu yang tidak sesuai, sehingga membuat Play Store tidak dapat dibuka. Biasanya saat tanggal dan waktu pada ponsel diatur manual, maka akan timbul masalah seperti ini. Tidak hanya pada Play Store, tetapi juga aplikasi tersinkronisasi lainnya.

Adapun cara memperbaiki PlayStore yang tidak bisa dibuka yaitu dengan mengganti setelan waktu otomatis. Silakan ke bagian settings, dan pilih menu waktu dan tanggal. Kemudian, pilih pengaturan zona waktu otomatis agar dapat menyesuaikan dengan waktu saat ini. Sekarang cobalah buka layanan Play Store lagi setelah selesai menggantinya.

Itulah pembahasan mengenai 5 cara memperbaiki PlayStore yang tidak bisa dibuka tanpa memerlukan jasa service HP. Apabila belum mendapatkan hasil setelah menerapkan cara di atas, alternatif yang dapat dilakukan adalah melakukan factory reset. Cadangkan data ponsel lebih dulu, dan lakukan format untuk mengembalikan setelan awal, sehingga semua aplikasi dapat berjalan optimal.

Baca juga:

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *