Beranda » Software » Cara Tepat Membersihkan Virus Komputer

Cara Tepat Membersihkan Virus Komputer

cara tepat membersihkan virus komputer

Cara Tepat Membersihkan Virus Komputer – Setiap perangkat komputer yang terkoneksi dengan internet umumnya memiliki risiko tinggi terserang virus, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Membersihkan virus dari komputer bagi sebagian orang menjadi pekerjaan yang mudah, namun tidak sedikit juga yang sulit melakukannya karena pemahaman teknis yang relatif minim. Alih-alih membersihkan virus, justru kerusakan sistem komputer semakin menjadi jika virus tidak ditangani dengan tepat.

Pada sebagian kasus, menggunakan safe mode bawaan komputer dan program antivirus sudah cukup efektif untuk menghapus virus. Namun perlu Anda ingat, tidak semua virus bisa dihapus. Sehingga upaya yang paling mungkin adalah menginstal atau memasang ulang sistem operasi komputer dari awal untuk menghilangkan virus tersebut.

Penyebab Komputer Terserang Virus

Sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab komputer bisa terserang virus, khususnya yang berbasis Windows? Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab komputer terserang atau terjangkit virus, sehingga Anda bisa menghindarinya:

  • Sembarang mengunduh software atau file. Ketika Anda tidak selektif saat mengunduh file atau software, bisa jadi file atau software tersebut sudah disisipi virus, sehingga ketika Anda menginstalnya maka komputer akan terjangkit virus tersebut.
  • Sembarang membuka file shortcut dari flashdisk.
  • Membuka situs-situs yang banyak disisipi virus.
  • Tidak pernah mengupdate antivirus selama pemakaian komputer.

Cara Mendeteksi Virus di Komputer

Istilah “mencegah lebih baik daripada mengobati” tidak hanya tepat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, pun dengan komputer. Anda tidak perlu menghilangkan virus dalam komputer apabila bisa melakukan pencegahan terhadap masuknya virus tersebut. Mulai sekarang, sebaiknya Anda lebih waspada terhadap tanda-tanda ancaman virus yang menyerang komputer agar tidak ada kerusakan dalam perangkat kesayangan Anda tersebut.

Semakin waspada dan memahami dari sisi teknis tentang perangkat yang Anda gunakan, maka semakin mudah menemukan solusi membersihkan virus dari komputer. Tanda-tanda tersebut bisa Anda lihat dari lemah atau kuatnya kinerja komputer. Jika komputer Anda berkinerja lebih lamban dari biasanya, maka mungkin komputer Anda kemunginan telah terinfeksi.

Kedua, Anda harus memperhatikan aplikasi atau program yang tidak dikenali. Jika ada aplikasi yang Anda merasa tidak pernah mengunduh atau bahkan menginstalnya, maka sebaiknya lebih berhati-hati.

Upayakan secepat mungkin Anda menghapus semua perangkat lunak yang tidak dikenali dan jalankan program pemindai virus menggunakan antivirus atau sistem keamanan internet untuk memeriksa kemungkinan ancaman dalam perangkat Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa pop-up yang biasanya muncul saat browser ditutup adalah tanda virus. Jika Anda telah mengetahui ini, maka segera ambil tindakan untuk menghapus virus, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah jelaskan di atas.

Tanda lain adanya serangan virus pada komputer adalah ketika aplikasi atau program yang terinstall mulai memunculkan ketidakwajaran, misalnya berhenti dengan sendirinya, hang, dan lain sebagainya. Semua itu merupakan tanda bahwa komputer Anda telah terinfeksi virus.

Jika memang terbukti adanya serangan virus, cobalah hilangkan virus tersebut dengan menggunakan antivirus atau perangkat keamanan internet yang terdapat pada komputer milik Anda.

Cara Menghilangkan Virus di Komputer dengan Antivirus

Tidak dipungkiri, banyak pengguna komputer menggunakan software antivirus gratis untuk mengatasi virus. Sebenarnya pada Windows versi terbaru, sudah terinstal program Antivirus. Namun sebagian besar orang tidak mengetahuinya dan memasang antivirus lain sebagai pendukung.

Anda tidak perlu repot untuk mencari atau mengunduh ulang antivirus di laptop atau komputer, karena programnya hanya akan memenuhi memori komputer saja. Sebaiknya gunakan yang sudah ada terlebih dulu, jika dirasa kurang efektif barulah bisa mencari aplikasi lain.

Lalu, bagaimana cara menghapus virus di perangkat komputer dengan antivirus? Simak penjelasan berikut ini!

Jika komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows 10, maka carilah program default yang bernama Windows Security. Program ini juga sudah tersedia di Windows XP, namun Windows Security bekerja lebih baik pada sistem operasi terbaru.

  • Pertama, bukalah software Windows Security komputer dengan klik Start, kemudian ketik ‘Windows Security’ maka akan muncul sebuah halaman. Selanjutnya buka aplikasi Windows Security tersebut, pilih opsi Virus & Threat Protection.
  • Langkah selanjutnya, Anda klik Scan Options untuk memilih jenis scan yang diinginkan. Pilih juga Full Scan jika Anda menghendaki pengecekan semua data yang ada di komputer. Adapun proses penanganannya membutuhkan waktu yang berbeda-beda sesuai dengan spek komputer masing-masing.
  • Untuk pelacakan virus dengan cepat, gunakanlah fitur Quick Scan. Tetapi jika Anda menghendaki pengecekan virus pada drive tertentu, pakailah saja fitur Custom Scan. Jika melakukan hal di atas, pilih scan now supaya mulai memindai virus dalam komputer Anda.

Pada tahap ini Anda hanya perlu menunggu hingga proses selesai. Jika memang terdapat virus, tentu akan terdeteksi dan Anda bisa memilih untuk menghapus virus tersebut dengan mudah.

Cara Menghilangkan Virus Tanpa Antivirus

Cara menghilangkan virus tanpa antivirus bisa dilakukan pada komputer. Anda bisa menggunakan command prompt untuk menghilangkan virus di komputer tanpa antivirus. Untuk melakukannya, tentunya Anda harus mengetahui dengan baik langkahnya agar tidak terjadi kesalahan.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengklik start kemudian ketik cmd. Kemudian klik kanan terlebih dulu untuk bisa menjalankan sebagai administrator, run as administrator.

Jika tujuannya adalah drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d . lalu tekan enter. Jika Anda ingin memeriksa drive selain D, maka tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi drive yang dimiliki.

Sesaat kemudian command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut. Kemudian, cari file yang tidak biasa dengan format .exe, yang Anda curigai karena tidak pernah menginstal sebelumnya, hapus melalui command prompt ini.

Jika tidak bisa dihapus, Anda bisa melakukan search sendiri di Run, kemudian hapus file tersebut. Selain itu Anda juga bisa menggunakan REGEDIT yaitu dengan langkah Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang Anda temukan di command prompt, kemudian bersihkan semua registry apapun, bahkan jika ada foldernya hapus juga.

Cara Pencegahan Lainnya

Seperti disinggung di atas, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum virus terlanjur menyerang komputer Anda, sebaiknya lakukan pencegahan. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini:

  • Gunakanlah anti-virus atau internet security solution pada komputer Anda, seperti Kaspersky Total Security.
  • Biasakan membaca deskripsi pengembang sebelum mengunduh aplikasi dan perangkat lunak.
  • Jika mengunduh aplikasi dan perangkat lunak, pilihlah dari situs yang terpercaya.
  • Periksalah berapa banyak unduhan yang dimiliki aplikasi dan perangkat lunak. Kemudian teliti kembali izin yang diminta aplikasi atau perangkat lunak tersebut.
  • Jangan pernah melakukan klik tautan yang belum diverifikasi di email spam, pesan, atau situs web yang tidak dikenal.
  • Jangan membuka lampiran email yang ada di kotak spam.
  • Lakukan secara rutin update aplikasi, dan sistem operasi.
  • Gunakan koneksi VPN ketika menggunakan Wifi publik, seperti Kaspersky Secure Connection.
  • Jangan pernah memasukkan USB yang tidak dikenal sebelumnya ke komputer Anda.

Itulah cara tepat membersihkan virus komputer dan cara pencegahannya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *