Beranda » Software » Fitur Baru Android 12: Hibernasi Aplikasi Jarang Dipakai

Fitur Baru Android 12: Hibernasi Aplikasi Jarang Dipakai

Fitur Baru Android 12

Fitur Baru Android 12 – Google dikabarkan akan mengusung fitur baru pada sistem operasi terbaru Android 12. Fitur tersebut adalah hibernasi. Hibernasi, akan mengosongkan ruang penyimpanan di smarpthone dengan menghapus file sementara dari aplikasi yang tidak digunakan.

Menurut laporan dari XDA Developers, fitur tersebut saat ini belum muncul di salah satu dari dua pratinjau pengembang yang tersedia untuk umum. Meski demikian, mereka dapat mengonfirmasi bahwa kode untuk fitur tersebut ada dalam bocoran build yang baru-baru ini telah mereka peroleh.

Dengan dirilisnya pratinjau pengembang Android 11 3, Google menambahkan fitur izin pencabutan otomatis baru yang mencabut izin aplikasi, jika aplikasi yang terinstal dalam perangkat Android tidak digunakan selama beberapa bulan.

Setelah rilis Android 11, Google membagikan lebih banyak detail tentang fitur tersebut termasuk tangkapan layar yang menunjukkan pemberitahuan kepada pengguna ketika izin aplikasi telah dicabut. Tangkapan layar juga akan menunjukkan halaman Pengaturan ‘aplikasi yang tidak digunakan’ dengan daftar aplikasi yang izinnya secara otomatis dicabut.

Sementara di Android 12, Google memperluas konsep ‘aplikasi yang tidak digunakan’ dengan fitur hibernasi aplikasi yang baru. Selain secara otomatis mencabut izin untuk aplikasi yang tidak digunakan, Android 12 juga akan menghapus file sementara untuk mengosongkan ruang penyimpanan di perangkat pengguna.

Tim XDA DEvelopersi mengaktifkan bagian Aplikasi yang tidak digunakan baru yang berada di halaman ‘Info aplikasi’ untuk setiap aplikasi. Dan ini berisi tombol ‘hapus izin serta kosongkan ruang’ baru.

Lokasi Fitur

Untuk perbandingan, tombol ‘pencabutan izin otomatis’ Android 11, lantas diubah menjadi bernama ‘hapus izin jika aplikasi tidak digunakan’, dapat ditemukan di bawah sub-laman ‘Izin aplikasi’ dari halaman ‘Info Aplikasi’ pada aplikasi.

Perubahan lokasi tersebut wajar karena sakelar baru berurusan dengan izin dan penyimpanan, bukan hanya izin. Setelah secara manual mereka menghibernasi beberapa aplikasi, halaman ‘aplikasi yang tidak digunakan’ muncul di bawah Pengaturan> Aplikasi.

Halaman tersebut menampilkan aplikasi yang belum dibuka dalam beberapa bulan. Sedangkan deskripsinya menyatakan bahwa izin dicabut, kemudian notifikasi dihentikan, dan file sementara dihapus jika aplikasi tidak digunakan selama beberapa bulan.

Menurut perubahan kode yang dilihat pada awal tahun ini, fitur hibernasi aplikasi akan menghapus cache atau menghapus artefak kompilasi untuk mengosongkan ruang penyimpanan pada perangkat Android 12.

Tidak satu pun dari tindakan ini akan membebaskan banyak ruang, tetapi hal ini tergantung pada aplikasi apa yang sedang dihibernasi dan berapa banyak atau jenis file cache apa yang telah disimpan.

Pengguna yang memiliki perangkat kelas bawah dengan memori penyimpanan lebih sedikit tentu bakal melihat lebih banyak manfaat dari fitur ini. Namun semua pengguna juga akan mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang tidak digunakan yang izinnya otomatis dicabut.

Baca juga:

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *