Beranda » Software » Komputer Lemot, Yuk Atasi dengan Cara Ini!

Komputer Lemot, Yuk Atasi dengan Cara Ini!

Komputer Lemot

Komputer Lemot – Dari sekian banyak masalah pada komputer atau laptop, yang sering kita jumpai adalah lamban atau lemot. Komputer lemot menjadi kondisi yang menyebalkan, apalagi ketika kita tengah dikejar deadline untuk menyelesaikan pekerjaan melalui komputer tersebut. Mungkin Anda juga pernah mengalami hal demikian, saat membuka satu aplikasi saja, komputer terasa berjalan begitu lambat.

Nah, pada tulisan kali ini akan kita bahas bagaimana ketika komputer yang kita miliki berkinerja lambat, apa yang harus dilakukan.

Kinerja komputer yang lambat sebenarnya terjadi karena banyak kemungkinan, yang kemudian dikelompokan menjadi dua faktor. Faktor yang pertama terjadi karena adanya komponen yang rusak, dan faktor yang kedua akibat error atau masalah pada sistem komputer.

Saat ini, kita bahas tentang komputer yang lemot akibat kesalahan pada sistem. Pemeriksaan pada perangkat lunak ini menjadi langkah yang pertama sebelum melakukan upaya kedua yakni pemeriksaan pada hardware.

Menurut Indra, salah seorang yang membuka jasa perbaikan komputer di Banjarnegara, dari pengalamannya selama ini, kebanyakan komputer lemot yang diperbaikinya kebanyakan hanya karena masalah pada sistem.

Meski masalah tersebut terbilang sederhana, namun banyak orang yang tidak memahaminya. Menurutnya, ketika kinerja komputer terasa lambat, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan “sampah” pada komputer.

Sampah-sampah file tersebut akan tertimbun seiring komputer digunakan. Semakin lama komputer atau laptop digunakan, maka semakin banyak pula file-file “sampah” tidak penting, yang kemudian mengendap di hard drive komputer.

Jika terus dibiarkan, maka space hardisk akan berkurang, akibatnya kinerja komputer juga melambat. Biasanya kebanyakan pengguna mengira hal tersebut terjadi karena virus, atau komponen yang rusak, sehingga membawanya ke jasa perbaikan komputer.

Jika komputer Anda mengalami hal yang sama, jangan buru-buru dibawa ke jasa perbaikan komputer. Namun bisa diperiksa sendiri terlebih dahulu dengan cara sederhana yang akan dijelaskan di bawah ini.

Memperbaiki Komputer Lemot

Memperbaiki komputer lemot yang akan diuraikan di bawah ini, adalah dengan menghapus file-file sampah pada hard disk. Untuk melakukannya, gunakan tool pembersih yang banyak tersedia baik versi gratis maupun berbayar, salah satunya adalah CCleaner.

CCleaner merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya. Salah satu fitur penting lainnya yang terdapat pada software ini adalah tersedianya perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat pengguna berselancar di internet.

Untuk mendapatkan software ini, Anda cukup mengunjungi situs resminya di ccleaner.com. Anda bisa mengunduh versi gratis, atau kalau memerlukan fitur tambahan, bisa mendapatkan yang versi berbayar.

Setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal software tersebut di komputer Anda, langkah selanjutnya adalah menjalankannya.

CCleaner
CCleaner

Setelah terbuka seperti gambar di atas, Anda akan melihat beberapa fitur seperti health check, custom clean, dan registry. Anda bisa mengunakan fitur health check terlebih dahulu untuk mengecek kesehatan komputer Anda. Jalankan tombol yang tersedia untuk proses scaning, jika sudah selesai Anda akan direkomendasikan untuk melakukan perbaikan oleh fitur tersebut dengan menekan tombol “make it better”. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Kemudian pada menu custom clean, Anda akan melihat tab Windows dan Applications. Pada tab Windows berisi aplikasi peramban bawaan Windows seperti Microsoft Edge, Internet Explorer, dan Edge Chromium. Jalankan “analyze“, setelah selesai kemudian klik tombol “run cleaner“.

Hal yang sama juga Anda lakukan pada tab applications. Tab ini berisi aplikasi peramban yang biasanya diinstal sendiri oleh pengguna, misalnya Firefox atau Google Chrome.

Kemudian pada menu Registry, lakukan klik pada “scan for issues” terlebih dahulu, kemudian tunggu hingga prosesnya selesai. Kemudian klik tombol “review selected issues“. Akan muncul konfirmasi apakah Anda akan melakukan back up registry atau tidak. Setelah itu akan muncul perintah untuk memilih “fix issue” atau “fix all selected issues“.

Menu-manu lainnya seperti driver updater, tools, dan options bisa Anda pelajari sendiri.

Sampai pada tahap ini, Anda sudah berhasil menghapus file-file sampah, sekaligus memperbaiki registry yang error pada komputer dengan mudah. Semoga dengan cara tersebut, komputer Anda sudah kembali normal. Selamat mencoba.

Baca Juga:

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *