Beranda » Hardware » Komputer Sering Restart Sendiri, Ini Cara Mengatasinya

Komputer Sering Restart Sendiri, Ini Cara Mengatasinya

Komputer Sering Restart Sendiri

Komputer Sering Restart Sendiri, Ini Cara Mengatasinya – Apakah Anda pernah mengalami komputer yang tengah Anda gunakan tiba-tiba merestart sendiri. Jika hal ini hanya terjadi sekali, mungkin bisa dikatakan wajar. Namun jika terjadi berkali-kali, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih jauh.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan cara mengatasi atau menanggulangi komputer dengan kondisi yang sering restart sendiri.

Jika komputer sering restart sendiri, ada beberapa komponen yang wajib diperiksa.

Processor

Penyebab yang paling utama komputer sering restart sendiri adalah adanya masalah pada Processor. Seperti kita tahu bahwa processor adalah ‘otak’ dari sebuah komputer. Jika komponen ini bermasalah, maka bisa dipastikan komputer Anda menjadi tidak normal.

Biasanya hal tersebut terjadi akibat Processor kelebihan beban, sehingga menjadi panas, atau biasa kita kenal dengan istilah overheat. Untuk mengetahui apakah Komputer dalam keadaan overheat atau tidak, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Anda dapat melakukan pengecekan temperatur komputer melalui menu pada hardware yakni pada BIOS.
  • Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan bantuan program monitoring, contohnya saja CPUID Hardware.
  • Selain itu bisa juga kita lakukan dengan cara membuka cassing lalu mengecek dengan cara meraba bagian besi pendingin (Cooler Processor).
  • Lakukan pembersihan secara berkala, caranya dengan menggunakan kuas yang kering dan bersih, hilangkan semua debu-debu yang menempel.
  • Selain itu, angkat dan bersihkan proccessor dari motherboard, check thermal paste.

Sebaiknya, hindari menempatkan komputer pada ruangan yang bersuhu panas, karena hal tersebut bisa membuat dengan cepat suhu komputer Anda menjadi panas. Jika memungkinkan, Anda bisa menambah kipas pada komputer untuk menurunkan suhu agar tetap stabil.

Power Supply Kekurangan Daya

Penyebab lain yang mengakibatkan komputer sering restart sendiri adalah akibat kekurangan daya. Kondisi kekurangan daya mengakibatkan performa mesin komputer menjadi down sehingga menjadi hang dan mati dengan sendirinya. Hal ini biasanya disebabkan karena Kipas pada power supply itu sendiri jadi macet atau bahkan sampai mati, sehingga mengakibatkan overheat pada power supply.

Untuk mengetahui kondisinya sangatlah mudah, ketika kita hendak menyalakan power komputer biasanya akan terdengar suara kipas yang berputar. Lakukan pemeriksaan dengan cara menyentuh langsung, jika Anda merasakan suhu yang panas, maka ada baiknya segera mengganti Power Supply tersebut dengan yang baru.

Hardisk Bermasalah

Penyebab selanjutnya, adalah Hardisk. Lazim terjadi, komputer sering mati sendiri adalah adanya bad sector pada part tersebut. Untuk mengetahui apakah hardisk terindikasi masalah tersebut, biasanya selalu muncul tampilan berwarna biru pada layar ketika Komputer hendak kita nyalakan dan merestart terus menerus.

Pada artikel yang lain, akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi hardisk yang rusak atau bad sector. Jika memang komponen yang satu ini sudah tidak bisa diperbaiki, maka segera lakukan penggantian.

VGA Rusak

Rusaknya VGA juga dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri. Tiak jauh berbeda dengan processor, kerusakan pada VGA juga disebabkan karena overheat, kipas mulai melambat atau bahkan mati sehingga suhu VGA secara signifikan jadi memanas. Jika kerusakan pada komponen ini sudah parah, gambar atau tampilan pada layar jadi tidak normal. Untuk mengatasinya harus kita lakukan pembersihan secara rutin.

Kerusakan pada RAM

Ram atau random acces memory merupakan salah satu komponen pada komputer yang paling penting untuk memaksimakan kinerja sebuah komputer. Kondisi RAM yang tidak wajar juga dapat menjadi biang komputer sering mati-mati dengan sendirinya. Ketika kinerja komputer sudah mulai melambat, maka lakukanlah pengecekan pada part yang satu ini. Perawatan RAM adalah dengan cara membersihkan secara berkala, sehingga mampu membuat umur atau usia komponen ini menjadi lebih panjang.

Proses pembersihan bisa kita lakukan dalam dua minggu sekali. Bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih, atau bisa menggunakan minyak kayu putih. Caranya adalah dengan menggosok sisa-sisa karat yang menempel pada kuningan menghilang dan terlihat lebih bersih.

Demikian sedikit cara mengatasi komputer sering restart sendiri, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *