Beranda » Software » Lupa Password Android? Ini Cara Mengatasinya!

Lupa Password Android? Ini Cara Mengatasinya!

Lupa Password Android

Lupa Password Android – Android saat ini menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh smartphone (ponsel cerdas) di dunia. Termasuk di Indonesia, mayoritas masyarakat menggunakan smartphone berbasis Android, dari versi pertama sampai yang terbaru.

Sistem operasi yang satu ini memang memiliki banyak kelebihan. Bukan hanya tentang aplikasi pendukung yang melimpah, Android juga andal dalam hal security (keamanan), contohnya pengamanan touchscreen (layar sentuh).

Teknologi keamanan pada smartphone Android, sudah tersemat dari pabrikan sehingga pengguna tidak lagi memerlukan aplikasi tambahan untuk menggunakan fitur tersebut. Baik Password, PIN, sampai pola dapat diatur sedemikian rupa agar tidak sembarang orang dapat membuka smartphone yang kita miliki.

Lantas, bagaimana jika kita lupa password, PIN, atau pola saat mau membuka smartphone? Berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Lupa Password, PIN, dan Pola pada Smartpohone Android

Cara di bawah ini bisa diterapkan sesuai dengan jenis atau model security yang Anda gunakan pada smartphone.

Lupa Password atau PIN

Jika Anda menggunakan password atau PIN untuk mengamankan smartphone, coba masukkan kata “null” atau masukan username Gmail tanpa@gmail di dalamnya, atau kombinasikan keduanya. Apabila masih gagal, coba hubungi perangkat kamu dengan ponsel lain lalu lakukan dengan cepat Jawab-Tutup-tekan tombol HOME dan segera pergi ke pengaturan dan ubah atau nonaktifkan opsi pengamanan kunci smartphone Anda.

Lupa Pola

Jika Anda lupa dengan pola yang disetting sebelumnya, gunakan fitur forgot password . Caranya adalah dengan memilih menu forgot password. Kemudian masukan email serta password akun Gmail yang sebelumnya digunakan untuk registrasi pada smartphone Android Anda.

Catatan, cara di atas memerlukan jaringan internet agar dapat menghubungkan perangkat dengan akun Gmail Anda.

Opsi Lain

Ini adalah pilihan terakhir jika dua cara di atas tidak mampu mengatasi lupa password. Caranya adalah dengan melakukan reset smartphone Anda melalui CWM recovery. Cara ini terbilang ampuh di semua smartphone, seperti Samsung, HTC, Andromax, Lenovo, Acer. Namun risiko dari cara ini adalah terhapusnya semua data pada smartphone karena proses reset. Jika Anda memilih cara ini, berikut langkahnya.

  • Matikan smartphone Anda;
  • Kemudian masuk ke recovery Mode (masing-masing smartphone berbeda, namun untuk beberapa tipe ada kesamaan: tekan tombol power + volume up + home secara bersamaan, tahan beberapa detik)
  • lalu pilih menu wipe data atau factory reset. (menggunakan tombol volume)
  • Selanjutnya pilih menu wipe cache partition;
  • Lalu pilih reboot system now, dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Sampai tahap ini Anda sudah berhasil mereset smartphone Anda ke pengaturan awal. Demikian cara mengatasi lupa password Android, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *