Beranda » Hardware » Tinta Tidak Keluar pada Printer Canon, Ini Solusinya!

Tinta Tidak Keluar pada Printer Canon, Ini Solusinya!

Tinta Tidak Keluar pada Printer Canon

Tinta Tidak Keluar pada Printer Canon – Anda pemilik printer Canon mungkin pernah menemui masalah saat menggunakan piranti tersebut. Salah satu yang paling lazim terjadi adalah kendala pada cartridge. Masalah yang kerap muncul yaitu tinta tidak keluar saat melakukan proses pencetakan. Tak jarang juga, cartridge dengan kondisi baru, namun sudah tidak bisa digunakan.

Kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan sedikit solusi jika Anda menemui kendala pada Printer Canon kesayangan Anda.

Tinta Tidak Keluar karena Proses Pengisian

Mungkin ada di antara Anda yang mengalami masalah saat ngeprin tinta yang berwarna hitam tidak bisa keluar. Sedangkan warna lainnya dapat keluar dengan normal. Kondisi ini terjadi setelah Anda mengisi tinta hitam karena sebelumnya sudah habis.

Jika Anda mengalami hal seperti itu pada printer Anda, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh kesalahan saat melakukan pengisian ulang cartridge printer. Biasanya pada printer yang belum direfil yang hanya melakukan pengisian dengan metode menyuntikkan langsung ke dalam cartridge.

Penyebab masalah tersebut, bukan pada cara pengisiannya, melainkan kuantitas tinta yang dimasukkan ke dalam cartrige berlebihan. Kendati sudah ada intruksi yang tertera pada setiap kemasan tinta refil, pada faktanya, masih banyak di antara kita yang belum paham cara mengisi tinta yang benar pada printernya.

Salah satu yang paling sering terjadi adalah melakukan proses refill dengan mengisinya sangat penuh. Mengisi cartridge dengan kapasitas penuh tidak dianjurkan, karena di dalam tabung cartridge hanya berupa serapan saja. Jika serapan tersebut sudah melebihi ambang batas tentunya akan menimbulkan masalah pada hasil cetak nantinya.

Jika terjadi demikian, solusinya sangatlah sederhana. Untuk pengguna refil, Anda cukup melakukan deep cleaning sebanyak dua kali. Hal ini dilakukan untuk membuang lebih tinta yang ada di dalam cartridge.

Jika Anda pengguna printer infusan, maka yang dilakukan adalah cukup melepas terlebih dahulu selang infus yang ada pada cartridge kemudian lakukan deep cleaning minimal dua kali.

Cartridge Nozzle Mampat

Selain karena proses pengisian, penyebab tinta hitam tidak bisa keluar adalah karena mampat. Hal ini biasanya terjadi akibat cartridge Nozzle tertutup oleh tinta yang mengering. Masalah seperti ini biasanya terjadi pada printer yang jarang dipakai dan tersimpan lama. Akibatnya, tinta yang tersisa di ujung atau di mulut nozzle mengering dan menghalangi jalur keluarnya tinta saat mencetak.

Selain kuantitas, masalah ini juga berkaitan dengan kualitas tinta itu sendiri. Sejauh pengalaman saya, tinta original sangat minim menyebabkan mampat.

Meski demikian, bukan berarti tinta non original semuanya buruk untuk kita gunakan. Anda cukup mengenali kriteria yang cocok untuk printer Canon Anda.

Lantas, bagaimana jika memang yang terjadi itu disebabkan karena Mampat? Jika Anda mengalami hal yang demikian, berikut sedikit tips yang saya akan coba bagikan, yaitu dengan cara mencuci cartridge. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan merendam mulut cartridge dengan cairan atau liquid pembersih head selama 15 hingga 30 menit. Ini tergantung tingkat kepadatan tinta yang menggumpal tadi. Cara ini sudah banyak yang mempraktikan, dan terbukti manjur untuk mengatasi cartidge yang mampat.

Nozzle Aus

Penyebab berikutnya adalah bagian Nozzle cartridge mengalami keausan. Lain halnya dengan kedua kriteria di atas tadi, aus di sini salah satunya disebabkan karena printer sudah mencetak dalam skala yang bisa kita katakan Besar.

Hal tersebut menyebabkan plat kuningan cartridge (Nozzle) jadi aus, sehingga sebaik apapun tinta yang kita gunakan, tinta tetap saja tidak bisa keluar saat proses pencetakan. Untuk masalah seperti ini sejauh yang saya ketahui, bisa dikatakan akhir dari usia cartridge. Dengan kata lain cartridge sudah tidak bisa kita gunakan lagi atau diperbaiki, dengan kedua cara yang telah diuraikan di atas tadi.

Karena ini menyangkut fisik dari cartridge itu sendiri, solusi yang paling tepat adalah harus mengganti dengan cartridge yang baru.

Demikian sedikit solusi ketika tinta tidak keluar pada Printer Canon. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *